Selasa, 17 Juli 2012

Menyetem bass dengan cara menyelaraskan nada dengan instrumen bernada standar


Saat kita bermain dalam sebuah grup musik, dan kita menggunakan tuner atau garpu tala (karena sangat tidak lazim pemain band zaman sekarang menggunakan kedua alat ini), maka cara melakukan tuning adalah dengan menyelaraskan nada dengan instrumen yang nada-nadanya sudah paten atau tidak berubah-ubah, seperti keyboard.
Untuk memudahkan dalam melakukan penyelarasan atau tuning dengan cara menyamakan nada bass dengan nada pada keyboard, maka lakukan dengan posisi
open string atau senar terbuka.

Cara melakukan tuning dengan menyelaraskan dengan keyboard adalah sebagai berikut:


1.       Tekan tuts nada E untuk menyelaraskan senar 1
2.       Tekan tuts nada A untuk menyelaraskan senar 2
3.       Tekan tuts nada D untuk menyelaraskan senar 3
4.       Tekan tuts nada G untuk menyelaraskan senar 4

Nada-nada yang dibunyikan pada tuts keyboard usahakan adalah sound piano, agar lebih mudah dalam merasakan keselarasan nada. Selain itu bunyikan dengan frekuensi rendah karena bass merupakan instrumen dengan frekuensi rendah.


Tuning dengan menyelaraskan pada instrumen standar seperti ini lebih aman dibandingkan dengan menggunakan garpu tala. Sebab, masing-masing senar diselaraskan  dengan nada-nada standar dari sebuah instrumen. Sedangkan jika kita menggunakan garpu tala, hanya 1 nada yang disesuaikan dengan garpu tala sehingga tingkat ketidaktepatannya lebih tinggi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar