Senin, 02 Juli 2012

Sejarah Rickenbacker Bass


Selain beberapa produsen atau penemu yang telah dibahas di blog ini, ada lagi beberapa produsen bass yang hingga saat ini masih berdiri dan berproduksi, salah satunya Rickenbacker.
                      
Rickenbacker didirikan di Los Angeles oleh Adolph Rickenbacker dan George D’ Beauchamp pada tahun 1931.


Awalnya mereka produksi hanya gitar elektrik, namun pada perkembanganya juga memproduksi amplifier dan instrumen berdawai lainnya.

Sebenarnya, yang menjadi ciri khas dari Rickenbacker adalah desain bentuknya yang khas.

Rickenbacker Bass

Apabila anda melihat bass seperti bentuk di atas, maka kita akan langsung mengetahui bahwa bass itu buatan Rickenbacker. Apabila anda memperhatikan beberapa acara musik di televisi Indonesia, maka ada beberapa artis atau grup band yang menggunakan bass Rickenbacker

Kontruksi dari Rickenbacker cukup berbeda dengan Jazz Bass, Precision Bass, atau Musicman. Bass Rickenbacker menggumakan kayu mapple pada bagian boby-nya, sedangkan pada bagian neck menggunakan maple atau walnut.
Kayu ebony atau rosewood digunakan pada bagian fret board. Pick up yang digunakan pun single coil, sehingga dari segi kontruksi kayu dan elektroniknya , membuat Rickenbacker menghasilkan sound yang bright, mid, dan vintage

Tidak ada komentar:

Posting Komentar