Selasa, 03 Juli 2012

Musicman Bass Model


Musicman memiliki image sebagai instrumen musik yang mahal dan berkelas. Hal ini bisa dibuktikan dari harga Musicman yang terbilang sangat mahal.

Ernie Ball Musicman sebagai perusahaan yang memproduksi gitar, bass, senar, dan kebutuhan musik lainnya, memang terbilang perusahaan raksasa di Amerika.

Musicman mengelurkan lisensi kepada
salah satu perusahaan di Cina, dan mengelurkan produk yang diberi label OLP atau Officially Licensed Product.
Meski keluaran Cina OLP memiliki kualitas yang bagus dan cocok untuk kalangan musisi menengah ke bawah. Harganya terjangkau, namun karakter dan bentuknya hampir menyerupai Musicman.

Walaupun saat ini OLP tidak diproduksi lagi, namun produk second-nya masih banyak beredar di pasaran. Apabila teman-teman ingin menginginkan karakter sound Musicman yang modern, low yang tebal, middle yang detail, serta sound yang bulat, maka disarankan agar mencari produk second dari OLP yang masih bisa ditemukan di pasaran. Selain harganya yang terjangkau kualitasnya juga bagus.
OLP Bass

Musicman Sting Ray

Sekarang ini 2nd line produk atau produk kelas 2 dari Musicman adalah Sterling. Kualitas produk sterling memang sangat bagus, karna spare part-nya dari Amerika. Karena spare part yang bagus dan didatangkan dari luar negeri, maka Sterling dijual dengan harga yang cukup tinggi, sekitar di atas 5 juta. Memang, lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Musicman yang harga jual produk barunya bisa mencapai puluhan juta.
Dari segi kontruksi dan elektroniknya, Sterling memiliki kesamaan dengan Musicman.






Ciri khas yang menonjol dari produk Musicman atau turunanya tampak menonjol pada bentuk headstock atau bagian kepala bass.
Headstock Sterling

Model bass yang paling popular dari Musicman adalah Sting Ray, meskipun ada beberapa bass model lain keluaran Musicman, seperti Bongo, Big Al, dan Refelx.

pick up yang digunakan bass Musicman adalah tipe hum bucker dengan output yang tinggi, ada yang menggunakan 2 pck up, namun ada pula yang hanya menggunakan 1 pick up, namun pada seri Bongo dan Reflex menggunakan pick up single, Selain pick up hum bucker pada posisi bridge. Namun, untuk model Sting Ray menggunakan pick up hum bucker, baik pada bridge ataupun neck.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar